Jumat, 28 November 2014

Tes CPNS Surabaya digelar 22-23 Oktober

| 7.634 Views
id cpns, kota surabaya, tes cpns, bkn
Tes CPNS Surabaya digelar 22-23 Oktober
Ilustrasi. Petugas melakukan verifikasi data pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah di Palu, Rabu (25/9). Total pendaftar CPNS Kejaksaan Negeri (Kejari) untuk tingkat SMA, D3 dan S1 di Sulawesi Tengah mencapai 1.130 orang dari total 1.000 kuota CPNS yang akan diterima di seluruh Indonesia. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Surabaya (ANTARA News) - Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Surabaya menyatakan pelaksanaan tes bagi para calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya direncanakan digelar di SMKN 5 pada 22-23 Oktober 2013.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin, Rabu, mengatakan tes CPNS secara Nasional dilaksanakan mulai 19 Oktober-2 November 2013.

Dari rentang waktu pelaksanaan tersebut, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) meminta pemerintah kota untuk memilih jadwal pelaksanaan seleksi CPNS.

"Kami memperkirakan pelaksanaan tes CPNS Pemkot Surabaya akan diselenggarakan sekitar 22-23 Oktober 2013. Kami masih melakukan koordinasi dengan Pemprov Jatim terkait penyelenggaraannya," katanya.

Menurut dia, kemungkinan pelaksanaan CPNS Pemkot Surabaya waktunya bersamaan dengan pelaksanaan CPNS di Pemprov Jatim. "Tapi kalau Pemkab Sidoarjo dan daerah lain sepertinya lebih awal," katanya.

Yayuk mengatakan seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemkot Surabaya tahun ini menggunakan Sistem "Computer Assesment Test" (CAT). Sistem ini dinilai bisa mengantisipasi kecurangan yang dilakukan oleh para peserta. "Pastinya lebih transparan dan minim joki," katanya.

Dalam tes CPNS Pemkot Surabaya, seluruh peserta tes akan menggunakan komputer. Namun, karena keterbatasan peralatan yang dipergunakan, waktu pelaksanaan tes dilakukan secara bertahap.

"Tidak mungkin seluruhnya sekaligus pakai komputer, komputernya siapa?. Makanya dilaksanakan bertahap," kata Yayuk.

Ia memperkirakan tes CPNS akan berlangsung sekitar 8 hari karena peserta tes CPNS jumlahnya ribuan orang. "Bertahap, tiap hari sekitar 1.000-1.250 orang," katanya.

Dari data BKD, dari pendaftaran terakhir, senin (28/9) jumlah pelamar via "online" mencapai 20.267 orang. Dari jumlah peserta yang masuk, yang melakukan pemberkasan 10.714 orang. Setelah diverifikasi, jumlah peserta yang memenuhi persyaratan 9.615 orang. Mereka akan memperebutkan formasi yang disediakan sebanyak 375 orang.

Yayuk menambahkan, dari seluruh data peserta tes CPNS yang masuk nantinya akan dikirim ke pemerintah pusat. Saat ini, pihaknya tengah melakukan persiapan sarana, prasarana dan tempatnya. Ia mengungkapkan, naskah tes sebanyak 100 soal dengan durasi 1,5 jam.

Untuk kelancaran pengerjaan, yayuk mengharapkan seluruh peserta menyiapkan diri sedini mungkin. "Peserta tes mulai sekarang belajar, belajar materi soal dan ya belajar komputer," katanya.

(A052/N002)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga