Jakarta (ANTARA News)- Pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang diadakan 3-7 oktober di pelataran Monumen Nasional lebih lengkap dan lebih panjang waktunya.

"Tahun ini lebih lama dua hari, yang pasti lebih lengkap," kata  Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Rukman Ahmad.

Dia mengemukakan pameran kali ini berlangsung lima hari sedangkan tahun sebelumnya hanya tiga hari.

Rukman mengemukakan pameran Alutsista menjelang HUT TNI 5 Oktober tersebut menampilkan beberapa armada baru seperti Main Battle Tank (MTB) Leopard, Heli Bell 412 dan Panser Tarantula dari Korea Selatan.

"Tapi Leopard baru tanggal 5 Oktober dibawa langsung dari Halim," tambah Rukman Ahmad. Halim Perdanakusuma Jakarta Timur menjadi tempat peringatan HUT ke-68 TNI.

Pameran Alutsista di Monas diramaikan oleh 26 stan dari TNI AD di antaranya Kavaleri, Infanteri, Artileri Pertahanan Udara, Artileri Medan, dan Kopassus.

Terdapat juga 10 stan dari luar TNI,  salah satunya adalah yang memamerkan kendaraan dinas presiden pertama RI Chrysler Crown Imperial.

"Pameran ini selain sebagai peringatan ulang tahun TNI ke-68 juga sebagai pertanggungjawaban ke masyarakat tentang persenjataan yang ada dan dibeli dari uang rakyat," Kata Rukman Ahmad.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013