Surabaya (ANTARA News) - Provinsi Jawa Timur meraih Wahana Tata Nugraha Wiratama 2013 dari Presiden, karena mampu meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan operasional sistem transportasi perkotaan serta tertinggi dalam indikator kinerja penyelenggaraan lalu lintas dan pelaksanaan sistem lalu lintas jalan.

"Selama ini telah tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan. Ini dasar dari Jatim mendapat penghargaan," ujar Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, setelah memberikan penghargaan di Surabaya, Kamis.

Pihaknya menegaskan bahwa angkutan darat merupakan tumpuan pertumbuhan ekonomi, sehingga konektivitas angkutan di laut, udara dan darat sangat penting. Perhubungan, kata dia, sangat menentukan keberhasilan percepatan pertumbuhan ekonomi.

"Meski naik pesawat udara setinggi apapun dan kemanapun jauhnya akan kembali ke darat, begitu juga dengan angkutan kapal laut, sejauh kemana pun berlayar pasti akan kembali ke darat juga," kata dia.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku bangga telah menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama tahun ini dari Presiden.

Ia berharap keberhasilan itu menjadi motivasi dan semua pihak tidak berpuas diri dalam menghadapi sistem perkotaan yang semakin lama diperkirakan bertambah rumit seiring dengan kemajuan teknologi.

"Terima kasih atas kepercayaan dari pemerintah pusat. Kami akan berusaha semaksimal mungkin mengembangkan sistem operasional transportasi antardaerah dan menjadikan Jatim sebagai daerah ramah serta nyaman transportasi," kata gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Selain Jawa Timur, empat provinsi yang menerima penghargaan sama yakni Jawa Tengah, Bali, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Untuk kabupaten/kota penerima WTN tahun 2013 adalah Kota Surabaya (klasifikasi metropolitan), Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo (klasifikasi kota sedang) dan Kabupaten Lumajang (klasifikasi kota/kabupaten kecil).

Selanjutnya, kota/kabupaten penerima piala WTN kategori lalu lintas 2013 diraih Kota Malang (Klasifikasi kota besar), Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Pasuruan (kota sedang), dan tujuh kabupaten yaitu Magetan, Malang, Pacitan, Mojokerto, Sidoarjo, Tuban dan Tulungagung (klasifikasi kabupaten kecil).

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013