Kami targetkan setiap hari dapat mengirim bantuan air bersih sebanyak sembilan tangki
Temanggung (ANTARA News) - Sedikitnya 40 dusun di 17 desa yang berada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tengah mengalami krisis pasokan air bersih dan pemerintah setempat pun diminta untuk meringankan kesulitan tersebut.

"Kami targetkan setiap hari dapat mengirim bantuan air bersih sebanyak sembilan tangki," kata Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi di Temanggung, Kamis.

Ia menyebutkan armada yang digunakan untuk melakukan pengedropan air bersih, yakni milik Dinas Pekerjaan Umum dua buah, milik PDAM Temanggung (1), PMI (1), Dinas Sosial (1), dan Bakorlin (1).

Irawan menuturkan, pengiriman bantuan air bersih dimulai pada Rabu (2/10) dengan menggunakan beberapa mobil tangki.

Ia mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Temanggung dalam APBD mengalokasikan anggaran untuk membantu air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan.

Sementara itu Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Temanggung Eko Suprapto mengatakan, pada hari pertama sebanyak enam mobil tangki mengirimkan bantuan ke daerah kekeringan, masing-masing mengangkut 5.000 liter air bersih. Sasaran bantuan dikirim ke Dusun Miri, Kemloko Kaloran dan Margomulyo Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013