Kamis, 27 November 2014

20 gagasan mulai dibahas para menteri di KTT APEC 2013

| 3.333 Views
id ktt apec, csom apec, pejabat senior apec, putaran apec, kepentingan indonesia
20 gagasan mulai dibahas para menteri di KTT APEC 2013
Profil Samudera Pasifik yang melingkupi puluhan negara Asia, sebagian Eropa, dan Amerika. Ke-21 kepala negara/permerintahan negara-negara Asia-Pasifik anggota APEC akan melaksanakan KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali, pada 7-8 Oktober ini. (geoware-online.com)
... untuk dibahas pada tingkat menteri dan kemudian mendapatkan komitmen pada level yang lebih tinggi... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - 20 gagasan (deliverables) mulai dibahas pada Pertemuan Tingkat Menteri dalam putaran KTT APEC 2013 setelah dokumen laporan diterima dari ketua para pejabat senior APEC.

Para pejabat senior APEC sebelumnya sudah sepakat lewat pertemuan 1-2 Oktober lalu, sekaligus menyiapkan rancangan dokumen yang akan diserahkan di tingkat pertemuan tingkat para pemimpin.

Pertemuan tingkat menteri APEC (AMM-APEC Ministerial Meeting) dimulai 4-5 Oktober dan akan berakhir pada Sabtu. 

"Selanjutnya dokumen tersebut menjadi bagian pembahasan di tingkat para pemimpin APEC pada 7-8 Oktober, untuk mendapat pengarahan dan pengesahan bagi kegiatan APEC setahun berikutnya," kata Ketua Pejabat Senior APEC Indonesia, Yuri Thamrin, di Nusa Dua Bali, Jumat.

Penyerahan dokumen mengenai 20 deliverable tersebut berisi perkembangan agenda pembahasan dalam berbagai forum APEC 2013 yang disampaikan lagsung Thamrin dan diterima Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, selaku Ketua AMM.

Natalegawa bersama koleganya, Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan, menjadi ketua bersama dalam pertemuan AMM di putaran KTT APEC 2013 ini. "Setuju untuk dibahas pada tingkat menteri dan kemudian mendapatkan komitmen pada level yang lebih tinggi," kata Thamrin.

Kalangan bisnis di APEC yang tergabung dalam APEC Business Advisory Council (ABAC) juga turut ambil bagian dalam perhelatan AMM. Ketua ABAC tahun 2013 dari Indonesia, Wishnu Wardhana, menyampaikan laporan hasil kerja ABAC pada tahun ini di APEC ke para Menteri APEC.

Pada bagian akhir pertemuan, Direktur Jenderal WTO, Roberto Azevedo, menyampaikan pandangan singkat mengenai situasi perdagangan internasional dalam ekonomi global saat ini.

Kehadiran Azevedo pada putaran KTT APEC 2013 akan dapat mendorong dukungan positif bagi kesuksesan rencana penyelenggaraan WTO MC9 di Bali pada bulan Desember 2013. 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga