Rabu, 3 September 2014

Gempa guncang Iran timur-laut

Sabtu, 5 Oktober 2013 06:38 WIB | 3.621 Views
Teheran (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 5,0 pada Skala Richter mengguncang Kota Kecil Khusf di Iran Timur-laut di Provinsi Khorasan Selatan, Jumat (4/10), demikian laporan di jejaring Pusat Seismologi Iran.

Gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 21.47 waktu setempat (Sabtu,01.17 WIB) pada kedalaman 10 kilometer. Pusat gempat berada pada 32,94 derajat Lintang Utara dan 58,90 derajat Bujur Timur, kata Pusat Seismologi Iran.

Mohammad-Ali Akhoundi, Direktur Pelaksana Biro Krisis Khorasan Selatan, mengatakan gempa tersebut tak merenggut korban, kata kantor berita setengah resmi Fars.

Pasukan bantuan siaga penuh, kata Akhoundi, sebagaimana diberitakan Xinhua. Ia meminta warga di Khusf dan desa di sekitarnya, yang berlarian ke luar rumah mereka dengan panik, agar kembali ke rumah mereka.

Kepala Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran Mahmoud Mozaffar mengatakan kepada Fars tak ada korban jiwa akibat gempa itu tapi tembok beberapa bangunan rusak.

Iran, termasuk Ibu Kotanya --Teheran, berada di beberapa jalur utama kerak Bumi, dan rentan terhadap gempa bumi. Gempa dengan kekuatan sedang kadangkala mengakibatkan kerusakan besar di beberapa wilayah negeri itu akibat bangunan yang buruk.

Gempa terburuk yang mengguncang dalam beberapa tahun belakangan ialah gempa dengan kekuatan 6,3 pada Skala Richter, yang mengguncang Kota Bam di bagian selatan negeri tersebut pada Desember 2003. Tak kurang dari 31.000 orang, sekitar seperempat penduduk kota itu, tewas dan satu benteng kuno yang dibangun dari lumpur hancur.

Beberapa pejabat Iran telah menyarankan agar ibu kota dipindahkan dari Teheran ke tempat lain, demikian Xinhua.
(C003)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga