... kedatangan saya bisa memberi pesan pada para menteri APEC betapa pentingnya keterlibatan mereka dalam dukungan ini... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Roberto Azevedo, menghadiri pertemuan tingkat menteri APEC guna memastikan dukungan ke-21 ekonomi APEC terhadap sistem perdagangan multilateral.
     
"APEC terdiri dari negara-negara yang merupakan para pedagang dan pelaku ekonomi besar, saya yakin mereka selalu mendukung sistem perdagangan multilateral secara aktif," kata Azevedo, usai mengikuti sesi panel dengan para menteri APEC, di Hotel Laguna, Nusa Dua, Bali, Sabtu.
     
Dia berharap kedatangannya dapat memberi inspirasi bagi para menteri ekonomi APEC atas dukungan mereka.
     
"Saya harap kedatangan saya bisa memberi pesan pada para menteri APEC betapa pentingnya keterlibatan mereka dalam dukungan ini," katanya.
     
Alberto mengatakan kebanyakan isu yang dibahas dalam pertemun WTO bersifat politis. Sehingga isu mengenai perdagangan multilareal kurang tersentuh.
     
"Ini saatnya bagi kita untuk bekerja cepat dan produktif karena pertemuan para menteri WTO tinggal dua bulan lagi," katanya.
     
Sementara Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, mengatakan, kehadiran Alberto pada pertemuan tingkat menteri APEC sangat berarti.
     
"Dia memastikan sistem perdagangan multilateral berjalan di jalurnya dan menjadi sangat kuat di tahun-tahun mendatang," katanya.
     
Negara-negara ekonomi APEC memiliki kekuatan dalam perekonomian dunia. Sebanyak 40 persen investasi ada di negara-negara APEC. Sementara 45 persen perdagangan dunia ada di APEC.
     
Oleh sebab itu, kesepakatan ekonomi-ekonomi APEC akan sistem perdagangan multilateral sangat signifikan.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013