Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Negara-negara ekonomi APEC semakin optimisme atas sistem perdagangan multilateral yang akan disetujui pada pertemuan menteri Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).
     
"Dalam dua hari terakhir ini, tingkat optimisme atas sistem perdagangan multilateral meningkat walaupun isu terkait trade facilitation (fasilitasi perdagangan) dan paket pertanian sangat pelik dibahas di pertemuan tingkat menteri APEC," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam jumpa pers di Nusa Dua, Bali, Sabtu.
     
Gita menyebut kehadiran Dirjen WTO Roberto Azevedo pada pertemuan menteri APEC adalah faktor pendorong optimisme tersebut.
     
"Dirjen mengatakan memang kita masih punya banyak PR, tapi Dirjen juga membantu merekomendasikan kerangka solusi yang menurut saya mungkin dilakukan," kata Gita.
     
Sementara Roberto mengapresiasi sangat positif jika para menteri APEC mendukung prakarsa tersebut.
     
"Apa yang kita tawarkan sangat mungkin dilakukan, memang negoisasi pada level multilateral itu sulit, tapi jika ini dilakukan dengan benar maka dapat mengurangi ongkos perdagangan dan meningkatkan bisnis di seluruh dunia," kata Alberto.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013