Sabtu, 1 November 2014

Topan Fitow tewaskan dua orang di China Timur

| 3.717 Views
id topan fitow, china timur, topan, china
Topan Fitow tewaskan dua orang di China Timur
Polisi paramiliter menarik kendaraan yang terbalik terhantam gelombang badai di garis pantai, akbat Topan Fitow di Yuhuan, provinsi Zheijiang, Minggu (6/10). China mengeluarkan siaga merah atas Topan Fitow, yang diperkirakan melanda bagian timur China pada Minggu malam, dari keterangan media setempat. (REUTERS/China Daily )
Hangzhou (ANTARA News) - Dua orang tewas dan lebih dari tiga juta orang jadi korban saat Topan Fitow menerjang Provinsi Zhejiang di China Timur.

Ni Wenlin (55) dari Kabupaten Dongtou di Wenzhou meninggal ketika angin kencang menerpa dan membuat dia jatuh dari bukit pada Minggu larut malam (6/10), kata Markas Pemantau Banjir Wenzhou.

Ia bersama dengan lima orang lagi sedang dalam perjalanan untuk menolong seorang nelayan dari satu pelabuhan yang berada tak jauh dari tempat tersebut.

Korban lain berasal dari Kabupaten Cangnan, juga di Wenzhou.

Hingga pukul 06.00 waktu setempat, Senin, Topan Fitow telah mempengaruhi lebih dari tiga juta orang di delapan kota besar Zhejiang, dan mengakibatkan kerugian ekonomi sebesar 2,28 miliar yuan (sebanyak 160 juta dolar AS), kata kantor pemantau banjir di provinsi itu.

Topan Fitow memasuki daratan di Fujian, yang berdampingan dengan Zhejiang, Senin pagi, dengan kecepatan angin sampai 151 kilometer per jam, kata Pusat Meteorologi Nasional, demikian laporan Xinhua.

Topan ke-23 yang menerjang China tahun ini, mendarat di Kota Praja Shacheng, Fuding, pada pukul 01.15 waktu setempat dan akan terus bergerak ke arah barat-laut. Siaga merah, peringatan tertinggi, dikeluarkan untuk Topan Fitow pada Minggu.

Dari pukul 08.00 waktu setempat, Sabtu (5/10), sampai pukul 08.00 waktu setempat, Senin, seluruh provinsi Zhejiang menghadapi curah hujan sebanyak 130 milimeter.

Topan tersebut telah mengakibatkan dihentikannya tak kurang dari 59 layanan kereta peluru di Zhejiang, termasuk layanan antara Ningbo dan Xiamen.

Bandar Udara Internasional Hangzhou telah membatalkan 22 penerbangan pada Senin, sementara Bandar Udara Wenzhou, bandar udara penting lain di Provinsi Zhejiang, membatalkan 27 penerbangan pada Minggu dan belum melanjutkan operasi hingga pukul 10.00 waktu setempat, Senin.

Sebagian jalan raya yang menghubungkan Ningbo, Taizhou dan Wenzhou, juga ditutup. Sementara itu, sebanyak 356 layanan bus ke Kota Wenzhou dan Provinsi Fujian dibatalkan pada Senin.

Menurut kantor pemantau banjir Zhejiang, Topan Fitow, bersama dengan Topan Danas --yang sedang mendekat, akan terus mempengaruhi provinsi tersebut, sementara hujan badai juga diramalkan masih menerpa.



Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga