Kita harus bisa memaksimalkan pertandingan besok. Kita tidak boleh terlena. Semuanya butuh kerja keras,"
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Timnas U-19. Indra Sjafrie berharap spirit bertanding yang tinggi di Piala AFF 2013 tetap menyala sehingga mampu menjalar saat timnas menjalani pertandingan kualifikasi Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 8-12 Oktober.

Evan Dimas dan kawan-kawan pada pertandingan perdana Grup G akan berhadapan dengan Laos di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (8/10). Meski sama-sama dari Asia Tenggara, Tim Garuda Muda ini belum pernah bertemu meski Piala AFF 2013 juga digelar di Indonesia.

"Hasil AFF merupakan modal awal bagi Timnas Indonesia. Momentun juara Piala AFF serta persiapan yang cukup panjang diharapkan mampu memberikan kebahagiaan bagi bangsa ini," kata pelatih timnas Indra Sjafrie di Jakarta, Senin.

Spirit juara Piala AFF 2013 serta latihan yang cukup maksimal bisa dikatakan sebagai modal Tim Garuda Muda terbang lebih jauh. Apalagi level pertandingan yang akan dijalani lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Salam turun di Piala AFF, Ilham Udin Armayin dan kawan-kawan mampu bermain dengan maksimal sebanyak tujuh pertandingan. Satu-satunya kekalahan anak asuh Indra Safrie ini didapat dari Vietnam. Namun, kekalahan ini langsung dibalas di partai final.

"Bertanding dengan banyak penonton (Sidoarjo) telah menguji mental pemain, jadi tidak masalah. Makanya mereka akan bermain 100 persen di GBK nanti.

Guna menghadapi Laos, pelatih Indra Sjafrie mengaku telah menyiapkan tim dengan baik. Tim ini didapat setelah melakukan latihan keras meski kerangka utama tim sudah terbentuk saat turun di Piala AFF beberapa waktu lalu.

Nama Evan Dimas, Dio Permana, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Muhammad Dimnas Drajad, Angga Febriyanyo Putra, Putu Gede Juni Antara, Muhammad Sahrul Kurniawan dan Ravi Murdianto kemungkinan besar akan menjadi andalan untuk mengempur Laos.

"Kita harus bisa memaksimalkan pertandingan besok. Kita tidak boleh terlena. Semuanya butuh kerja keras," kata mantan pelatih PSP Padang, Sumatra Barat itu.

Peluang untuk meraih poin maksimal bagi Tim Garuda Muda memang cukup terbuka. Apalagi lawan (Laos) dipastikan tidak turun dengan kekuatan penuh karena ada tiga pemain pilar yang sebelumnya turun di Piala AFF mengalami cedera.

Tiga pemain yang absen saat menghadapi tuan rumah Indonesia adalah kapten tim Lembo Saysana, gelandang Phoutthasay Khochlern dan penjaga gawang utama, Soukthavy Soundala.

"Memang ada beberapa pemain yang cedera. Tapi kami akan memaksimalkan pemain yang ada. Turun di Piala AFF dan latihan yang cukup bagus membuat kami optimis mampu memberikan yang terbaik," kata asisisten pelatih Laos, Phoutpasong Sengdalavong.

Phoutpasong Sengdalavong mengakui jika persiapan di Grup G sangat ketat. Selain berhadapan dengan tuan rumah Indonesia, anak asuhnya juga akan berhadapan dengan Filipina dan juata bertahan Piala AFC U-19, Korea Selatan.

Jadwal pertandingan:

8 Oktober 2013
Korsel vs Filipina
INDONESIA vs Laos

10 Oktober 2013
Laos vs Korsel
Filipina vs INDONESIA

12 Oktober 2013
Laos vs Filipina
Korsel vs INDONESIA.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013