Orang yang tahun ini tak pernah pergi ke bioskop atau hanya melihat satu atau dua film dalam setahun, akan menonton 'Gravity"
Jakarta (ANTARA News) -  Thriller ruang angkasa yang diproduksi Warner Bros, "Gravity", melesat ke puncak box office pada pekan pembukanya, sekaligus mencatat rekor pemasukkan tertinggi.

Film arahan sutradara Alfonso Cuarón yang berkisah tentang dua astronot (diperankan oleh Sandra Bullock dan George Clooney) telah meraup 55,6 juta dolar AS atau rekor tertinggi untuk film-film yang dirilis Oktober ini, lapor majalah Variety.

"Orang yang tahun ini tak pernah pergi ke bioskop atau hanya melihat satu atau dua film dalam setahun, akan menonton  'Gravity,'" kata kepala distribusi domestik Warner Bros Dan Fellman dalam wawancara dengan The Hollywood Reporter. "Dalam dua hari, film ini telah menjadi fenomena budaya."

Penyumbang untuk tercapainya rekor raupan keuntungan pada pekan pembuka ini berasal dari bioskop-bioskop format besar IMAX yang menarik keuntungan sebesar 11,2 juta dolar AS dan 27,4 juta dolar AS dari bioskop-bioskop internasional, dipimpin Rusia, Jerman dan Australia.  Dari dalam negeri sendiri, 80 persen berasal dari bioskop 3D (di luar negeri 70 persen).

"Banyak orang yang sedang tumbuh pergi menyaksikan dokumenter-dokumenter ruang angkasa IMAX seperti  'Space Station' dan 'Hubble 3D' untuk menonton film ini juga di IMAX," kata Greg Foster, ketua dan presiden IMAX Entertainment.

Rekor box office untuk pembukaan Oktober selama ini dipegang "Paranormal Activity 3" pada 2011 yang mengeduk 52,6 juta dolar AS pada pekan pertamanya.

"Gravity" juga melampaui dua film yang dibintangi dua pemeran utama thriller ruang angkasa itu, yaitu "The Heat" yang dibintangi Sandra Bullock (39,1 juta dolar AS) dan "Batman & Robin" yang dibintangi George Clooney (42,9 juta dolar AS).

"Gravity" adalah film kedua Cuarón yang mencetak sukses pada pekan pembukanya setelah "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban" yang juga diproduseri David Heynman.

Film ini dipuji di mana-mana, di antaranya Rotten Tomatoes yang menyebut "Gravity" 98 persen "fresh" berdasarkan 216 kritik, sedangkan 91 persen pembaca situs ini menyebut menyukai film tersebut.

"Begitu kredit film tayang, Anda akan mendapati diri Anda membayangkan peluncur ruang angkasa sesungguhnya seperti yang Anda sudah lihat atau menyaksikan orang berjalan di bulan, dan mengenang dengan takjub betapa manusia mampu mengembangkan teknologi untuk mengeksplorasi ruang angkasa," tulis Jocelyn Noveck dalam tinjauannya untuk Associated Press.

Para astronot juga memuji film ini. Astronot Buzz Aldrin yang berjalan di bulan menulis di Hollywood Reporter bahwa dia amat sangat terkesan dengan film ini.

Astronot Tom Jones yang mengakui menyukai adegan karakter yang dimainkan Bullock dan Clooney berjalan di ruang angkasa dari pesawat antariksa, memberi saran untuk Popular Mechanics, "tontonlah 'Gravity' dan Anda akan tahu mengapa para astronot berani mendaftar lagi untuk peluncuran berikutnya."

Cady Coleman yang pernah berada di Stasiun Ruang Angkasa Internasional pada 2010 ketika memberi masukan kepada Bullock dalam memotret pribadi seorang astronot, berkata kepada collectSPACE bahwa film itu telah membawa penontonnya ke ruang angkasa.

"Apa yang dilakukan [Gravity]," kata Coleman, "adalah membawa segerombolan manusia di Bumi ke antariksa, dan mereka menjadi para astronot yang sesungguhnya."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013