...tadi membahas pentingnya kawasan ini memiliki ketahanan pangan...
Bali (ANTARA News) - Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak memuji penyelenggaraan KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013 yang diselenggrakan di Bali.

Pujian tersebut disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat keduaanya melakukan pertemuan bilateral yang dilaksanakan saat KTT APEC usai, di Bali, Selasa sore.

"Saya lebih dahulu mengucapkan setinggi-tingginya tahniah (selamat), karena telah mengendalikan (menyelenggarakan) APEC ini dengan jayanya (sukses), ramai yang telah memberi pendapat bahwa APEC ini yang terbaik dan saya lihat persiapan itu banyak mendapat input personal dari Bapak sendiri," kata PM Razak.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas partsipasi dan kontribusi Perdana Menteri Malaysia dalam APEC di Bali kali ini.

Presiden juga menyampaikan dirinya mendukung pandangan PM Razak yang disampaikan dalam APEC kali ini terkait ketahanan pangan.

"Bahkan tadi membahas pentingnya kawasan ini memiliki ketahanan pangan yang cukup (food security) bapak mengingatkan jangan lupa untuk terus meningkatkan `research and development and innovation` (riset dan pengembangan serta inovasi), saya seratus persen mendukung karena hanya dengan produktifitas kita bisa memiliki pangan yang cukup, produktifitas bisa meningkat kalau ada `research and development` yang bagus," kata Presiden.

Persiden menambahkan, Indonesia dan Malaysia saat ini memiliki hubungan yang baik dan terus berkembang. Hubungan kedua negara sangat strategis mengingat Indonesia Malaysia merupakan tetangga.

Untuk itu, Presiden juga berharap Indonesia - Malaysia dapat terus menjaga dan meningkatkan hubungan kedua negara. Selain itu juga medorong peningkatan kerjasama baik di dalam ASEAN maupun APEC.

Sementara itu, pertemuan puncak pemimpin APEC di Bali yang digelar sejak Senin diakhiri dengan sejumlah kesepakatan bersama.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013