Bandung (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan bahwa Selasa dini hari sekitar pukul 03.17 WIB Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, meletus lagi.

"Aktivitas hari ini, masih sama dengan kemarin. Tapi untuk letusan hari ini hanya satu kali yakni Selasa dini hari tadi, sekitar jam 03.17 WIB," kata Kepala PVMBG Toto Hendrasto kepada Antara, Selasa.

Letusan itu hanya berlangsung sekitar tiga menit, sedangkan status Gunung Tangkuban Parahu hingga kini masih waspada.

"Kalau untuk status masih sama, yakni waspada belum dinaikkan atau diturunkan," ujarnya.

Jumlah letusan pada hari ini menurun jika dibandingkan Senin (7/10) kemarin.

Pos Pengamat Gunung Tangkuban Parahu mencatat telah terjadi tiga letusan pada Senin, yakni pertama pukul 07.02 WIB, kedua pukul 12.46 dan ketiga 14.23 WIB, PVMBG sendiri pada Sabtu (5/10) lalu telah menaikkan status gunung tersebut dari normal ke waspada.

"Benar untuk hari ini ada tiga kali letusan yang terjadi. Namun letusan yang terbesar itu terjadi tadi pagi atau letusan pertama," kata petugas di Pos Pengamat Tangkuban Parahu Ilham Mardikayanta.

Ia mengatakan, durasi letusan pertama berlangsung sekira 16 menit dengan tremor 50 milimeter dan semburan abu 350 meter.

"Sementara untuk letusan yang kedua dan ketiga hari ini jauh lebih kecil dari letusan tadi pagi atau yang pertama. Begitu juga dengan semburan abu yang keluar. Lalu yang ketiga letusan itu keluar dari area yang sama di Kawah Ratu," kata Ilham.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013