Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Dua dari beberapa pemimpin ekonomi tinggi APEC, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden China, Xi Jinping, meninggalkan Pulau Dewata seusai penutupan KTT APEC 2013.

Xi mendahului Perdana Menteri Papua New Guinea, Peter O'Neill, yang memakai pesawat terbang eksekutif dari ujung barat landas pacu Bandar Udara Internasional Ngurah Rai itu. 

O'Neill disusul Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang memakai pesawat transportasi besarnya, Ilyushin Il-96. Dia menjadi satu-satunya pemimpin APEC yang memakai pesawat terbang selain buatan Barat. 

Baru saja Putin --yang berulang tahun di Bali-- mendarat pada sekitar pukul 12.10 WITA, Senin (7/10), dia meninggalkan Bali sekitar 24 jam kemudian. 

Tidak lama kemudian, giliran Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, yang berangkat memakai pesawat terbang khusus dari Thai Air. Yingluck hanya sebentar melambaikan tangannya kepada pengantar sebelum membalikkan tubuh semampainya ke dalam kabin. 

Penampilan Yingluck seperti itu memeriahkan suasana di pusat media massa, di mana ratusan jurnalis dari banyak negara sedang bekerja dan memerhatikan layar raksasa yang memajang proses keberangkatan itu. 

Banyak jurnalis melambaikan tangan kepada layar raksasa di ruang media massa yang menampilkan siaran langsung berfokus pada wajah Yingluck yang tampil dalam busana hitam-hitam itu.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013