... akhirnya tertunda hingga pagi ini... "
Kuta, Bali (ANTARA News) - Dua maskapai penerbangan internasional membatalkan penerbangan saat kepulangan kepala negara dan delegasi KTT APEC 2013, dari Bandara Ngurah Rai, Bali, Selasa.

Kedua maskapai itu adalah Malaysia Airlines rute Denpasar-Kuala Lumpur nomor penerbangan MH-852 dijadwalkan berangkat dari bandara itu, pukul 19.20 WITA, dan Merpati Nusantara Airlines rute Dili-Denpasar, nomor penerbangan MZ-8490 berangkat pukul 14.10 WITA, akhirnya membatalkan penerbangannya.

hari ini, Bandara Ngurah Rai tidak melayani penerbangan komersial pada pukul 13.00-20.00 WITA.

Akibat penutupan bandara itu sebanyak 181 maspakapai penerbangan tidak beroperasi dan 32 mengatur ulang jadwal penerbangannya agar tidak mengganggu kepulangan para delegasi APEC.

Sementara itu, beberapa sopir pramuwisata di Pulau Dewata harus pasrah menunggu berjam-jam karena perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan para wisatawan yang akan dijemputnya.

Seperti halnya I Wayan Aditya Yamada harus rela menunggu kedatangan wisatawan yang datang dari Australia dan beberapa negara lainnya hingga lebih dari tiga jam.

"Semestinya saya harus menjemputnya kemarin, Senin malam (7/10), namun karena terkendala teknis akhirnya tertunda hingga pagi ini," ujarnya.

Walaupun KTT APEC 2013 itu menunda atau pembatalan kedatangan para wisatawan ke Pulau Bali, tidak menjadi masalah karena wisatawan yang berencana berlibur ke Pulau Dewata itu sudah mengatur kembali jadual penerbangannya.

Pewarta: Wira Suryantala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013