Los Angeles (ANTARA News) - Film drama China "Back to 1942" memimpin paket film yang diajukan oleh 76 negara dan kawasan untuk bersaing memperebutkan kategori Film Berbahasa Asing dari Academy Awards ke-86, kata Academy of Motion Picture Arts and Sciences Senin.

Film China, yang disutradarai oleh Feng Xiaogang, bergabung dengan drama Hong Kong "The Grandmaster" yang dipimpin oleh Wong Kar-wai, dan "Soul" garapan rekannya dari Taiwan Chung Mong-Hong sebagai pemain utama dari daerah Asia Timur.

Sutradara Korea Selatan Kang Yi-Kwan dengan besutannya "Juvenile Offender" dan drama sutradara Jepang Ishii Yuya "The Great Passage" juga terdaftar sebagai entri yang memenuhi syarat di untuk meraih kehormatan besar.

Jumlah negara atau kawasan yang menyampaikan filmnya mewakili rekor tertinggi, kata Akademi. Rekor sebelumnya terjadi tahun lalu, ketika 71 film masuk memenuhi syarat.

Moldova dan Arab Saudi menyampaikan filmnya untuk pertama kalinya, dan Montenegro melakukannya untuk pertama kalinya sebagai negara merdeka, menurut Akademi.

Iran, yang telah menjadi kekuatan yang tangguh dalam pertarungan di ajang tersebut, mengakhiri boikot satu tahun Oscar dengan memasukkan karya sutradara Asghar Farhadi "The Past."

Akademi akan mengungkap lima nominator untuk meraih kehormatan pada 16 Januari dan penerimaan penghargaan pada 2 Maret di Teater Dolby di Hollywood dan Highland Center di Los Angeles, demikian Xinhua.
(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013