Bandar Seri Begawan (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pertemuan puncak para pemimpin KTT ASEAN+3 di Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam, Kamis pagi.

KTT ASEAN+3 beranggotakan 10 negara ASEAN, yaitu Brunei Darrussalam, Indonesia, Malaysia, SIngapura, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos dan Myanmar serta tiga Negara lainnya yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan.

Dalam pembukaannya, Ketua ASEAN 2013 Sultan Hassanal Bolkiah mengatakan pertemuan tersebut diharapkan semakin meningkatkan kerjasama ASEAN dan tiga koleganya tersebut termasuk di antaranya bidang kemanan pangan.

"Area lainnya yang telah mengalami sejumlah kemajuan (dalam kerjasama ASEAN+3) adalah keamanan pangan, dan hal itu semakin baik bagi kita bila memperkuat ASEAN+3 emergency rice reserve," kata Sultan saat memberi pengantar dalam KTT tersebut.

KTT ASEAN+3 digelar dalam rangkaian KTT ASEAN ke 23 di Brunei Darussalam. Perhelatan KTT ASEAN ke 23 dengan tema `masyarakat kita, masa depan kita bersama' yang dimulai sejak Rabu (9/10).

Sementara itu, Presiden pada Kamis ini, bersama-sama dengan para pemimpin diagendakan melakukan pertemuan KTT Asia Timur yang melibatkan sepuluh Negara ASEAN serta Cina, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Rusia.

Selain itu, ada pula KTT bilateral ASEAN dengan India yang ke 11 serta KTT bilateral ASEAN dengan PBB.

KTT ASEAN ke 23 di Brunei Darussalam akan berakhir pada hari ini, dan Presiden Yudhoyono beserta rombongan dijadwalkan meninggalkan Brunei Darussalam Kamis sore.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013