Jakarta (ANTARA News) - Film "Gravity" garapan Warner Bros bertahan di nomor satu box office Amerika Utara dengan rekor pendapatan 44,3 juta dolar AS, sedangkan "Captain Phillips" keluaran Sony membuka pekan pertamanya dengan 26 juta dolar AS, demikian The Hollywood Reporter.

Dari sutradara Alfonso Cuaron, "Gravity" telah meraup 100 juta dolar AS di dalam negeri saja sehingga total sudah menghasilkan 123,4 juta dolar AS sampai akhir pekan ini. Di seluruh dunia, epos antariksa yang dibintangi Sandra Bullock dan George Clooney ini telah meraup pendapatan 150 juta dolar AS.

"Gravity" terpangkas 21 persen pada pekan keduanya di bioskop domestik yang adalah penurunan paling rendah dalam sejarah bagi film yang sudah meraup 55 juta dolar AS pada pekan pertamanya.

Ini juga merupakan penurunan pendapatan terendah bagi sebuah film yang ditayangkan di lebih dari 2.000 bioskop.

Film ini melanjutkan pendapatan besarnya di bioskop format 3D (82 persen), dengan di bioskop-bioskop Imax saja mencatat rekor 9 juta dolar AS sepanjang pekan yang baru lewat dengan total penjualan 26,5 juta dolar AS.

Film yang menjadi sorotan berikutnya akhir pekan ini adalah film tentang bajak laut Somalia garapan Paul Greengrass, "Captain Phillips".

Diawali skor A CinemaScore, film yang dibintangi Tom Hanks ini meraih sukses yang sebelumnya tak diperkirakan dengan mencetak rekor 19,5 juta dolar AS, menyisihkan film bertema sama tahun lalu, "Argo" yang juga bercerita tentang penyanderaan.

"Captain Phillips" yang ditarik dari kisah nyata dan menelan biaya produksi 55 juta dolarAS ini sangat mengandalkan bintangnya yang langganan Oscar tersebut.

Film-film terakhir yang dibintangi Hanks, khususnya Cloud Atlas (2012) dan Larry Crowne (2011), tak berhasil di bioskop.

Setelah "Captain Phillips",  menyusul film eksyen Machete Kills, garapan sutradara sekaligus penulis skenario Robert Rodriguez, yang pada debutnya meraih 3,8 juta dolar AS.

Film yang dibintangi Danny Trejo dan Michelle Rodriguez ini mendapat skor B- CinemaScore, demikian Hollywood Reporter.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013