Biasa memang begini. Setiap menjelang lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha harga selalu naik, tapi tidak mempengharuhi pada tingkat permintaan."
Pandeglang (ANTARA News) - Sehari menjelang Idul Adha, harga daging sapi/kerbau di pasar tradisional di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mencapai Rp110 ribu/kg.

Pantauan di Pasar Badak, pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pandeglang, Senin, tidak ada perdagang yang menjual daging kerbau/sapi di bawah Rp110 ribu/kg.

"Kalau kemarin harga masih Rp100 ribu/kg, dan hari ini naik Rp10 ribu/kg, atau menjadi Rp110 ribu/kg," kata Nurman, pedagang daging kerbau/sapi di Pasar Badak, ketika dikonfirmasi.

Menurut dia, harga Rp110 ribu/kg merupakan kesepakatan para pedagang, jadi tidak akan ada yang menjual di bawah harga tersebut dan meski harga mengalami kenaikan namun permintaan masyarakat meningkat dibandingkan hari sebelumnya.

"Kemarin saya hanya habis 100 kg, dan hari ini sampai pukul 14.00 WIB sudah menghabiskan 200 kg, atau dua ekor kerbau," kata Nurman.

Siti pedagang lainnya juga mengakui kenaikan harga daging tersebut, dan hal itu sudah menjadi kebiasaan sehingga tidak terlalu dipermasalahkan oleh masyarakat.

"Biasa memang begini. Setiap menjelang lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha harga selalu naik, tapi tidak mempengharuhi pada tingkat permintaan," katanya.

Selain daging kerbau/sapi, kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam ras, ayam kampung dan telur.

Para pengecer di Pasar Badak menjual daging ayam ras Rp30 ribu/kg atau mengalami kenaikan dari sebelumnya hanya hanya Rp26 ribu/kg, dan ayam kampung ukuran 1kg seharga Rp40 ribu/ekor, sebelumnya Rp35 ribu/ekor.

Harga telur ayam ras diecer Rp18 ribu/kg, atau naik dari sebelumnya Rp16 ribu/kg. (*)

Pewarta: Sambas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013