Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia masih berpeluang lolos kualifikasi Pra Piala Asia 2015 Grup C setelah menahan imbang China 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (15/10).

Pertandingan di babak pertama berjalan lambat, namun tim China lebih mendominasi melalui serangan yang di komandoi oleh Zheng Zhi dan Yu Dabao yang berkali-kali membuat I Made Wirawan jatuh bangun menjaga gawang Indonesia.

Gol China tercipta di menit 36 melalui tendangan Wu Xi berkat umpan matang Yu Dabao yang memanfaatkan kelengahan lini pertahanan tim nasional Indonesia. Keunggulan China bertahan hingga akhir babak pertama.

Kubu Indonesia beberapa kali melakukan serangan balik yang dimotori oleh Boaz dan Greg Nwokolo, sayang tidak banyak peluang matang yang dihasilkan. 

Gol Indonesia tercipta di menit 67 memalui skema serangan yang baik. Umpan lambung dari lini tengah diarahkan kepada Bustomi yang merangsek ke kotak pinalti China. Kemudian Bola tersebut diberikan langsung kepada Boaz Sollosa yang mampu mengeksekusinya dengan tendangan voli yang keras. 

Gol tersebut seolah membakar semangat tim Garuda, beberapa peluang pun terjadi. Menit 92 Greg Nwokolo mendapatkan peluang emas kala berhadapan langsung dengan kiper China, sayang bola tersebut berhasil ditepis. Boaz yang berada di sisi kanan pertahan China pun tidak dapat memanfaatkan peluang dari bola liar tersebut. Skor 1-1 tersebut tidak berubah sampai peluit panjang dibunyikan.

Indonesia masih berada di posisi juru kunci grup C dengan perolehan 1 poin dari tiga pertandingan. Meskipun tipis, namun peluang Indonesia masih terbuka mengingat masih ada tiga pertandingan yang akan dihadapi Indonesia. 

Indonesia : I Made Wirawan; Victor Igbonefo, M. Roby, Ruben Sanadi, Tinus Pae (Hasyim Kipuw); M. Taufiq, Ahmad Bustomi (Vendri Mofu), Slamet Nurcahyo (Titus Bonai), Raphael Maitimo;  Boaz Solossa, Greg Nwokolo.  

China : Zeng Cheng (GK); Sun Xiang, Du Wei, Liu Jianye; Wang  Yongpo, Zheng Zhi, Wu Xi, Yang Hao, Zhang Xizhe; Yu Dabao, Wu Lei

Wasit: Abdul Malik (Singapura)

Tiga pertandingan tersisa Indonesia di Kualifikasi Pra Piala Asia Grup C

Pertandingan ke- 
CHINA vs INDONESIA 15-11-2013, Shanxi Stadium, China.

Pertandingan ke-5
INDONESIA vs IRAQ 19-11-2013, Gelora Bung Karno Stadium, Jakarta, Indonesia.

Pertandingan ke-6
SAUDI ARABIA vs INDONESIA 05-03-2014, Prince Abdullah Al Faisal Stadium, Jeddah

Klasemen Grup C Kualifikasi Pra Piala Asia 2015

                P  W  D L  GF  GA GD  PTS
SAUDI ARABIA 2   2   0 0   4      2    2    6
CHINA P.R. 3   1   1 1   3      3    0    4
IRAQ 2   1   0 1   1      1    0    3
INDONESIA 3   0   1 2   2      3   -1    1



Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013