Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menargetkan pencapaian transaksi dua milyar dolar AS dalam acara pameran perdagangan, Trade Expo Indonesia ke-28, yang akan berlangsung lima hari sejak 16 - 20 Oktober 2013.

"Ini target ambisius, tapi kami tetap optimistis target ini bisa tercapai target ini tidak jauh dari target yang dicapai pada TEI 2012," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam pidato pembukaan acara The 28th Trade Expo Indonesia, di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, TEI 2013 yang mengusung tema Trade with Remarkable Indonesia, bertujuan untuk mengangkat kekayaan alam Indonesia serta SDM yang andal melalui kreativitas dan inovasi yang terus meningkat.

Gita mengatakan, melalui TEI, para produsen nasional diberikan kesempatan untuk menampilkan produk-produk terbaik mereka kepada para konsumen internasional. Upaya ini diharapkan mampu memberikan peran yang signifikan terhadap perekonomian negara. "Diharapkan dapat memberikan efek ganda kepada perekonomian Indonesia," katanya.

Seperti tahun sebelumnya, TEI 2013 menampilkan banyak produk unggulan Indonesia yakni di bidang otomotif, peralatan kesehatan, obat-obatan, makanan, minuman serta di bidang jasa yang menampilkan tenaga kerja terlatih di sektor pertambangan dan konstruksi.

TEI 2013 yang menempati area JI-Expo seluas 40 ribu meter persegi ini diikuti sebanyak dua ribu peserta pengusaha nasional yang terdiri atas pengusaha UKM, koperasi, BUMN serta sektor-sektor lain.

Gita menambahkan, jumlah buyers (pembeli) yang sudah mendaftar dalam TEI 2013 yakni sebanyak 8.343 pembeli yang berasal dari 106 negara. "Jumlah buyers meningkat dari tahun lalu yang hanya 5.300 buyers," katanya.

TEI 2013 sebagai pameran dagang yang berorientasi business to business, menurut Gita, merupakan media strategis untuk membangun citra Indonesia sebagai bangsa niaga yang tangguh dan kreatif yang mampu menyediakan jasa profesional sekaligus menghasilkan produk ekspor unggulan yang berkelanjutan dengan tetap menjaga kearifan lokal.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013