London (ANTARA News) - Silau matahari pada jam sibuk menjadi penyebab 36 kematian karena kecelakaan mobil tahun ini, kata Automobile Association (AA) dalam laporannya seperti dilansir Daily Mail.

Saat ini bahayanya sangat tinggi karena musim gugur akan berganti menjadi musim dingin, itu berarti matahari terbenam sekitar pukul enam sore waktu di mana sebagian besar pengendara kembali pulang ke rumahnya.

Silau sinar matahari juga menjadi penyebab hampir 3.000 kecelakaan setiap tahun karena pengemudi dibutakan oleh silaunya cahaya matahari dari depan ketika berkendara.

AA mengatakan, di Inggris, risiko akan berlanjut sampai musim panas berakhir pada 27 Oktober ketika jam pulang kerja. Bahaya kecelakaan terbesar justru berada di jalan kecil.

AA mengatakan dari 2.905 kecelakaan karena silau matahari yang terjadi tahun lalu, 52 terjadi di jalan tol, 1.203 pada kelas jalan antarkota, 428 kejadian di kelas jalan dalam kota dan 1.222 kejadian malah di jalan-jalan kecil.

Presiden AA Edmund King mengatakan sebaiknya para pengendara memperlambat kendaraannya ketika mereka terpampang kilau matahari.

"Tapi matahari terbenam yang menyilaukan dapat begitu membahayakan ketika muncul dari belokan atau muncul dari balik pohon dan pantulan dari gedung," katanya.
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2013