Sungai Raya, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Warga Sungai Udang, Kabupaten Kubu Raya, berhasil menangkap buaya seberat 300 kilogram yang dianggap mengganggu warga sekitar aliran sungai.

"Selama dua bulan ini buaya itu terus membuat warga khawatir. Makanya warga sepakat untuk menangkap buaya tersebut dan tadi malam berhasil ditangkap," kata Toni Hatta, warga Sungai Udang yang ikut menangkap buaya itu bersama warga lainnya.

Menurut dia, buaya yang diperkirakan seberat 300 kilogram itu memiliki panjang badan 3,51 meter.

"Tadi malam ada anak dari Jeruju Darat kasih tahu kami bahwa ada buaya muncul, dengan cepat kami langsung mengambil tindakan bersama warga lainnya," cerita Toni.

Dia mengatakan, buaya iniu membuat warga resah selama dua bulan terakhir dan sempat berusaha ditangkap warga bersama pawang buaya, namun tidak berhasil.

Namun, Selasa malam lalu, delapan warga yang mengetahui keberadaan buaya tersebut langsung mengepungnya dengan pukat harimau.

"Karena daerah Sungai Udang tidak pernah mengalami kejadian ini, dan tak seorang pun tahu bagaimana cara menangkap buaya tersebut sehingga proses penangkapan berlangsung selama empat jam," katanya.

Dia mengungkapkan, buaya ini sering muncul dan mengganggu ternak bebek penduduk yang berenang di sungai.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013