Zagreb (ANTARA News) - Federasi Sepak Bola Kroasia memberhentikan Igor Stimac menyusul kekalahan 0-2 dari Skotlandia pada pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia 2014. Kroasia kemudian menunjuk Niko Kovac sebagai pelatih sementara.

"Stimac segera menemui saya setelah pertandingan di Glasgow, lalu mengajukan pengunduran diri dan kami harus mengambil keputusan yang akhirnya kami lakukan," kata ketua Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) Davor Suker kepada wartawan seperti dikutip AFP.

"Kami memutuskan mengakhiri kontrak pelatih saat ini Stimac dan menunjuk Niko Kovac sebagai pelatih sementara untuk dua pertandingan berikutnya pada playoff Piala Dunia.

"Harapan kami adalah dia tetap pelatih setelah dua pertandingan itu tanpa memperhatikan apakah kami lolos ke Brazil atau tidak," kata Suker.

Stimac, anggota timnas Kroasia yang mencapai semifinal Piala Dunia 1998, sudah menjadi pelatih tim negaranya itu sejak Juli 2012.

"Saya ingin memberi mereka kesempatan untuk mengubah sesuatu," kata pria 46 tahun itu setelah pertandingan Selasa (Rabu WIB).

Harapan Kroasia untuk lolos langsung ke Piala Dunia berakhir Jumat lalu setelah kalah 1-2 di kandang dari  Belgia.

Meskipun mereka memastikan posisi kedua grup dan tempat di "playoff", kekalahan Selasa lalu di Skotlandia bukan pertanda bagus, sedangkan pengundian untuk "playoff" dilakukan Senin mendatang.

Kovac yang kelahiran Jerman pensiun dari pemain pada 2009, dengan 83 kali memperkuat timnas dan mencetak 15 gol antara 1996 dan 2008.

Dia menjadi kapten timnas dari 2004, mengikuti Piala Eropa di Portugal pada 2004 dan di Austria dan Swiss pada 2008, dan juga Piala Dunia 2006 di Jerman.

Pernah menjadi pelatih Red Bull Salzburg menyusul pensiun dari pemain, Kovac yang berusia 41 tahun ditunjuk sebagai pelatih U-21 Kroasia Januari lalu, demikian AFP.

(I015)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013