Jakarta (ANTARA News) - Microsoft mengenal aplikasi baru untuk Windows Phone yang akan membuat orang terhindar dari gangguan saat sedang mengemudi dan ini adalah update ketiga Windows Phone 8 sejak dirilis tahun lalu.

Perangkat terbaru ini akan mulai diluncurkan beberapa minggu ke depan dan untuk sistem aplikasi yang sudah ada sebelumnya dapat diupgrade secara gratis.

Ini adalah langkah yang menarik bagi pengendara di mana Driving Mode pada Windows Phone akan membungkam secara otomatis panggilan masuk dan jenis aplikasi teks lainnya sehingga orang fokus saat berkendara.

Pengguna  juga dapat mengkonfigurasikan fitur secara otomatis, seperti mengirimkan balasan yang menginformasikan pengguna sedang mengemudi.

Hal ini dapat diaktifkan secara otomatis ketika ponsel dihubungkan secara nirkabel dengan perangkat Bluetooth di dalam mobil, seperti headset.

Apple memiliki fitur Do Not Disturb untuk iPhone, tapi masih perlu diaktifkan secara manual.

Fitur ini tak akan menghentikan remaja yang gemar mengetik SMS saat mengemudi, tetapi akan membantu mengurangi gangguan bagi mereka yang ingin melakukannya, kata Greg Sullivan, direktur bisnis Microsoft Windows Phone seperti dilansir Dailymail.

Untuk mengakomodasi ponsel besar, update ini juga memungkinkan mendapatkan resolusi lebih baik.

Saat ini, sistem pendukung resolusi maksimum 1280 piksel x 768 piksel hanya cukup untuk ponsel dengan layar tidak lebih besar dari 5 inci. Tata letak untuk ponsel yang lebih besar juga akan berubah. 

Daftar kontak dan fitur lainnya dapat dimasukan ke menu informasi lebih lanjut. Itu berbeda dari jenis Android di mana teks dan gambar yang lebih besar hanya bisa didapatkan dengan layar yang lebih besar, tanpa benar-benar pas dengan kontennya.

Menurut perusahaan riset IDC, perangkat lunak Microsoft Windows Phone kini berada di tempat ketiga jauh di belakang Apple iOS dan Google Android, dengan pangsa pasar di seluruh dunia hanya 3,7 persen pada kuartal kedua.

Tapi pembelian perangkat Windows Phone tumbuh 78 persen menjadi 8,7 juta pada periode April hingga Juni, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013