Italia bergerak di arah yang benar dalam menstabilkan keuangannya dan melancarkan pembaruan,"
Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Perdana Menteri Italia Enrico Letta di Gedung Putih, Kamis (17/10), hari pertama pemerintah federal dibuka kembali.

Letta mengucapkan selamat kepada Obama atas keberhasilan Washington pada Rabu untuk mengangkat batas utang dan mengakhiri penutupan pemerintah federal. Ia mengatakan keputusan tersebut "sangat penting bagi kestabilan di pasar dunia, di Eropa dan di Italia".

"Italia bergerak di arah yang benar dalam menstabilkan keuangannya dan melancarkan pembaruan," kata Obama setelah pertemuan itu, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Kedua pejabat tersebut membahas pentingnya pertumbuhan Eropa, yang memiliki banyak angka pengangguran muda dan tantangan di dalam eurozone. Kedua sependapat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral mereka dan memperkuat kemitraan ekonomi antara AS dan Uni Eropa.

Mengenai keamanan global, kata Obama, "Italia telah menjadi mitra utama". Mereka berdua sepakat untuk bekerjasama dengan mitra lain internasional guna memperkuat kemampuan keamanan Pemerintah Libya.

Mengenai Suriah, Obama mengatakan AS ingin bermitra dengan Italia dalam upaya kemanusiaan, untuk "menemukan cara bukan hanya meringankan penderitaan, tapi juga melaksanakan peralihan politik yang dapat memungkinkan orang kembali ke rumah mereka dan diakhirinya pembunuhan yang telah berlangsung di sana".
(Uu.C003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013