Tolonglah, kita semakin cerdas dalam menentukan pilihan.Pola lama yakni melihat uang si calon yang akan dipilih dimintakan untuk ditinggalkan,
Padang (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Afrizal menyatakan, warga Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), agar menjadi pemilih cerdas dalam menetukan pilihannya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bakal digelar pada 30 Oktober 2013.

"Tolonglah, kita semakin cerdas dalam menentukan pilihan.Pola lama yakni melihat uang si calon yang akan dipilih dimintakan untuk ditinggalkan," kata Afrizal di Padang, Sabtu.

Menurut dia, masyarakat diminta untuk terlebih dahulu mempelajari rekam jejak si calon. Baik dalam kehidupan sehari-hari, pergaulan sosial dan pengetahuannya untuk kemudian menjatuhkan pilihannya.

"Marilah kita pilih calon berdasarkan rekam jejaknya seperti kehidupannya sehari-hari, pergaulan sosialnya dengan masyarakat," tambahnya.

Pemilihan ini sangat penting bagi masyarakat Kota Padang. Di mana Pilkada adalah untuk mencari pemimpin di Kota Padang betul-betul mengayomi masyarakat.

Selain itu, kata Afrizal, warga diminta tidak memilih pemimpin yang terindikasi korupsi alias menggunakan uang rakyat atau uang milik masyarakat untuk kepentingan sendiri, berbohong melalui gelar akademis yang diperoleh dengan cara yang tidak akademis.

Ia mengatakan, warga Kota Padang yang telah memenuhi syarat untuk menggunakan hak politik sebaik-baiknya dalam Pilkada.

"Masyarakat agar menghadapi pesta demokrasi ini dengan pikiran yang jernih dan jujur," katanya.

Menurut dia, hampir setiap digelar Pilkada banyak tidak memilih atau Golongan Putih (golput), bagaimanpun juga menjadi golput bukanlah pilihan yang tepat.

"Memanfaatkan ruang politik yang terbuka lebar, jauh lebih progresif untuk mendorong terjadinya perubahan dimasa mendatang," katanya.

DPD-RI tidak menghendaki Pilkada di Kota Padang berakhir dengan kerusuhan. Proses suksesi ini harus berlangsung jujur, aman dan damai. "Karena itu, diharapkan agar petugas keamanan harus menempatkan hukum di atas segala-galanya," tegas Afrizal.
(KR-ZON/H014)

Pewarta: Derizon Yazid
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013