San Francisco (ANTARA News) - Bersiap-siaplah untuk mengantri jika Anda menginginkan tablet terbaru Apple yang diperkirakan akan diluncurkan pada Selasa (22/10).

CEO Apple Tim Cook akan hadir di San Francisco untuk mengumumkan beberapa gadget "segar," seperti dilansir USAtoday.com.

Penjualan tertinggi diharapkan menjadi milik iPad mini dengan "Retina", layar yang sudah ada di iPad versi lebih besar.

Namun, Apple dilaporkan telah berusaha membuat banyak layar Retina untuk iPad mini, sehingga pasokan tablet baru diperkirakan akan terbatas.

Analis dari Jefferies, Peter Misek, memperkirakan akan ada sekitar 2-5 juta unit iPad mini yang tersedia di pasaran pada awal November. Hal ini akan menimbulkan perebutan bagi para penggemar Apple untuk mendapatkannya sebelum habis terjual.

"Ini bukan hal yang buruk bagi Apple ketika orang-orang mengantre di toko-toko mereka dan mempunyai produk dalam pasokan terbatas," kata Van Baker, pimpinan analis Apple di perusahaan penelitian Gartner.

"Hal ini sebenarnya dapat merusak bisnis jika terus berlanjut, namun untuk jangka pendek, pasokan yang terbatas akan membuat kegemparan dan dengungan sehingga menarik perhatian orang-orang untuk memiliki produk ini," katanya.

Apple memerlukan kegemparan tersebut untuk perhatian masyarakat karena saham perusahaan dalam pasar tablet telah menurun seiring dengan semakin populernya tablet Android Google.

Android akan memenguasai 49,6 persen sektor tablet di seluruh dunia pada tahun ini, sementara Apple memiliki 48,6 persen, yang menjadikan tahun 2013 sebagai tahun pertama Android memimpin pasar tablet, menurut perkiraan Gartner.

Padahal pada 2011, saham Apple hampir dua pertiga dan Android hanya berada di bawah 30 persen.

Selain iPad mini terbaru, Apple kemungkinan juga akan merilis versi terbaru dari iPad yang lebih besar. Misek mengharapkan produk tersebut 20 persen lebih tipis dan 30-50 persen lebih ringan.

Apple mungkin juga akan merilis laptop terbaru Macbook Pro dengan chip Haswell Intel yang dapat meningkatkan daya tahan baterai.

Selain itu, perusahaan ini juga akan merilis rincian sistem baru sistem operasi OS X Mavericks  dan komputer Mac Pro terbaru.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013