Sukabumi (ANTARA News) - Sejumlah 140 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepakat untuk berperan aktif dan mendukung pelaksanaan Program Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang akan dikelola oleh PT Askes sebagai Badan Pengelola Jaminan Sosial Kesehatan pada 1 Januari 2014.

"Tadi malam seluruh direktur utama BUMN sudah memfinalisasi yang pada dasarnya semua sudah memiliki skema jaminan kesehatan masing-masing. Kami semua sepakat mendukung BPJS kesehatan ini," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam acara sosialisasi penyelenggaraan BPJS Kesehatan di Secapa Polri Sukabumi, Senin.

Seluruh 140 Direktur BUMN tersebut menandatangani dukungan pelaksanaan BPJS Kesehatan yang akan ditindaklanjuti kemudian dalam pelaksanaannya. Sejumlah BUMN yang menandatangani antara lain PT Pertamina, PT Garuda Indonesia, PT Telkom, PT Angkasa Pura, PT Pos Indonesia, Perum LKBN Antara, Perum Balai Pustaka, Perum Percetakan Negara dan BUMN lainnya.

Dahlan mengatakan setelah PT Askes menjadi Badan Pengelola Jaminan Sosial Kesehatan pada 1 Januari 2014, maka PT Askes tidak lagi dibawah menteri BUMN.

Ia mengatakan direksi PT Askes harus siap dengan peningkatan tanggung jawab yang dimiliki dan harus mempersiapkan sistem kerja yang sesuai dengan bebannya. Perusahaan itu sudah merekrut 4.000 pegawai baru sebagai upaya peningkatan kapasitas perusahaan untuk menghadapi beban kerja yang meningkat.

Saat ini pemerintah telah memberikan jaminan kesehatan masyarakat untuk kelompok miskin dan tidak mampu sebanyak 86,4 juta jiwa.

Pada awal 2014, jaminan kesehatan nasional akan menyatukan jaminan kesehatan aparat negara (eks Askes dan TNI-Polri), masyarakat miskin tidak mampu (eks program Jamkesmas) dan pekerja formal (eks Jaminan Kesehatan Jamsostek) dengan jumlah total minimal 120 juta jiwa, masing-masing 86,4 juta dari peserta Jamkesmas, 11 juta peserta jaminan kesehatan daerah, 16 juta peserta Askes, 7 juta peserta Jamsostek dan 1,2 juta dari TNI dan Polri.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, para menteri dan juga direktur BUMN dan sejumlah pejabat lainnya. Pemilihan Sukabumi sebagai lokasi penyelenggaraan acara tersebut karena Pemda Sukabumi merupakan pemerintah daerah pertama yang mengikuti program Askes sejak awal adanya pelayanan jaminan kesehatan.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013