Tujuan kami selalu adalah untuk mencoba menemukan keseimbangan yang tepat antara melindungi privasi dan keamanan warga negara kita...
Paris (ANTARA News) - Amerika Serikat akan membahas program spionase globalnya dengan Prancis, kata Menteri Luar Negeri John Kerry, Senin, setelah pemerintahan Paris murka dan menuduh Washington telah memata-matai jutaan komunikasi telepon.

"Kami akan melakukan konsultasi bilateral yang sedang berlangsung, termasuk dengan mitra kami Prancis yang menjawab pertanyaan ini," kata Kerry, menyebut Prancis sebagai salah satu dari sekutu terlama Amerika.

Berbicara di Paris setelah bertemu dengan para pejabat Liga Arab, Kerry menolak untuk mengomentari tuduhan spesifik yang melibatkan Prancis.

Tetapi ia mencatat bahwa Washington sedang meninjau pengumpulan operasi intelijen berkaitan dengan protes-protes dari pemerintah sekutu atas tuduhan mata-mata.

"Melindungi keamanan warga negara kita di dunia saat ini adalah sangat rumit, tugas yang sangat menantang ... karena ada banyak orang di luar yang berusaha untuk merugikan orang lain," kata Kerry.

"Banyak negara yang terlibat dalam kegiatan berusaha untuk melindungi warga mereka di dunia," katanya.

"Tujuan kami selalu adalah untuk mencoba menemukan keseimbangan yang tepat antara melindungi privasi dan keamanan warga negara kita," demikian Kerry seperti dikutip AFP.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013