...tidak ada pilihan, saya harus mundur...
Sydney (ANTARA News) - Petinju legendaris Amerika "Sugar" Shane Mosley, Selasa, mundur dari rencana bertanding lawan mantan juara kelas menengah dunia Anthony Mundine, karena masalah uang.

Kedua petinju itu dijadwalkan bertanding di Sydney, Rabu, tetapi Mosley mundur hanya beberapa jam menjelang penimbangan badan, meninggalkan Mundine yang menuntut jawaban atas pembatalan tersebut.

"Saya amat kecewa dengan batalnya pertandingan ini, karena sebetulnya saya ingin mengeluarkan pernyataan besar tentang kemenangan saya atas Mundine. Tapi tidak ada pilihan, saya harus mundur," kata Mosley dalam pernyataannya, sebagaimana dilaporkan AFP.

Ketua Eksekutif Golden Boy Promotions Richard Schaefer mengatakan para petinju mereka tidak memiliki pilihan lain setelah sisa bayaran 700.000 dolar AS dari total 1 juta dolar tidak dibayarkan pada pukul 17.00 Senin sebagaimana yang disyaratkan dalam kontrak.

Ini merupakan pukulan besar bagi Mundine, mantan pemain liga rugby, padahal itu merupakan pertandingan pertamanya sejak kehilangan gelar kelas menengah dunia IBF atas rekan senegaranya dari Australia Daniel Geale pada Januari lalu.

"Saya baru diberi tahu bahwa mereka membatalkan pertarungan," kata Mundine dalam media sosial Facebook.

"Promotor harus memberi tahu kepada kami apa yang terjadi. Saya mengecewakan pendukung saya," ujarnya.

Pertandingan dan kemenangan dalam laga itu amat penting bari Mundine, dalam usaha meningkatkan pamornya untuk bertanding pada level atas di Amerika Serikat, tetapi semua harapan itu kini runtuh, kecuali ada jalan lain untuk menjalankan kembali pertandingan.

Mosley, yang sudah memenangi lima gelar dunia dalam tiga kelas, mengumumkan pengunduran diri Juni tahun lalu, setelah kalah angka atas juara kelas menengah yunior Saul "Canelo" Alvarez dari Meksiko.

Tapi petinju berusia 42 tahun itu tampil lagi di atas ring Mei, ketika mengalahkan Pablo Cesar Cano dengan angka untuk memenang gelar lowong kelas welter internasional WBC di Meksiko.

(A008)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013