Transparansi akan jadi tujuan utamanya. Kami berharap bahwa penilaian ini akan memperkuat kepercayaan sektor swasta dalam kesehatan bank-bank kawasan euro dan dalam kualitas neraca mereka
Frankfurt (ANTARA News) - Bank Sentral Eropa (ECB), Rabu, mengatakan akan mulai melakukan "uji ketahanan" (stress-test) dan memeriksa neraca 124 bank zona euro pada bulan depan sebelum menerima peran pengawasannya.

"Penilaian tersebut akan dimulai pada November 2013 dan akan memakan waktu 12 bulan hingga selesai," kata ECB dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilaporkan AFP.

Ini akan dilakukan bersama-sama dengan otoritas nasional dan didukung oleh sebuah perusahaan konsultan eksternal, katanya.

"Penilaian yang komprehensif" akan melihat "risiko-risiko utama", meninjau kualitas dari aset-aset bank dan termasuk "uji ketahanan untuk menguji ketahanan neraca bank-bank terhadap skenario tekanan".

Selain membangun transparansi dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan, latihan bertujuan "membangun kepercayaan" dan "untuk memastikan semua pemangku kepentingan bahwa bank secara fundamental sehat dan dapat dipercaya".

"Sebuah kajian komprehensif tunggal, secara seragam diterapkan untuk semua bank-bank signifikan, mencakup sekitar 85 persen dari sistem perbankan zona euro, merupakan sebuah langkah maju yang penting bagi Eropa dan bagi masa depan ekonomi kawasan euro," Ketua ECB Mario Draghi mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Hasil ini akan diterbitkan sebelum ECB mengemban peran pengawasannya pada bank-bank zona euro pada November 2014.

(A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013