Mekkah (ANTARA News) - Kementerian Haji Arab Saudi mengeluarkan pemberitahuan bahwa tawaf bagi jamaah yang memakai kursi roda dialokasikan pada malam hari.

"Ada edaran dari Kementerian Haji yang disampaikan melalui Muasassah Asia Tenggara bahwa tawaf kursi roda dialokasikan waktunya pada pukul 21.00-03.00 (waktu setempat)," kata Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat di Mekkah, Saudi Arabia, Kamis.

Pengalokasian waktu tersebut, kata Arsyad, sebagai upaya pemerintah Arab Saudi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan khususnya bagi jamaah yang menggunakan kursi roda.

Surat edaran tersebut dikeluarkan Kementerian Haji Arab Saudi pada 21 Oktober dan diterima Daker Mekkah dua hari kemudian.

"Dari kita sudah membuat edaran ke seluruh kloter untuk disampaikan kepada jamaah agar berpedoman pada edaran tersebut," kata Arsyad seraya menambahkan bahwa saat ini banyak jamaah yang umroh maupun tawaf wada (perpisahan) dan di antaranya pasti ada yang menggunakan kursi roda.

Arsyad mengatakan, pengaturan waktu itu dilakukan antara lain karena keterbatasan area tawaf bagi mereka.

"Kursi roda lain dengan jalan kaki, kalau tidak dialokasikan tempat dan waktu khusus dikhawatirkan akan mengganggu yang jalan kaki karena kenyataannya banyak yang jalan kaki di tempat tawaf khusus kursi roda," katanya.

Setelah puncak ibadah haji berlalu, banyak jamaah yang menunaikan ibadah umroh dan tawaf wada sebelum pulang ke negara masing-masing.
(F005/R010)

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013