... mengharapkan kontribusi Indonesia dalam Pertemuan Menteri WTO di Bali nanti... "
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Ekonomi Finlandia, Jan Vapaavuori, memimpin delegasi bisnis negaranya ke Jakarta, Kamis, dan dia menyatakan, "Kami mengharapkan kontribusi Indonesia dalam Pertemuan Menteri WTO di Bali nanti."

25 pebisnis Finlandia datang untuk berdialog langsung dengan calon-calon mitranya dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia, yang juga menghadiri seminar bisnis Winning Team: Indonesia-Finland Up The Value Chain With Smart Solutions. 

Selama di Jakarta, Vapaavuori bertemu dengan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan. Beberapa hal yang dianggap menonjol adalah inovasi teknologi dan bisnis sebagai unggulan komparatif. 

Delegasi bisnis Finlandia itu juga difasilitasi Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Kai Sauer, dan Kepala Regional Asia Finnpro, Jari Hietala. 

Di mata Finlandia, Indonesia dengan besarannya yang menonjol di kawasan Asia Tenggara dan ekonomi ke-15 terbesar di dunia dapat memainkan peran penting bagi kemajuan ekonomi dan pemerataan serta keberlanjutan pembangunan dunia. 

Peran ini, katanya, akan semakin baik pada seri persidangan Pertemuan Menteri WTO di Bali, pada awal Desember nanti. 

Isu penting yang akan diangkat di antaranya hambatan perdagangan yang masih mengemuka, penyatuan kawasan-kawasan ekonomi (Komunitas ASEAN pada 2015 sebagai misal), dan terobosan-terobosan yang harus dilakukan WTO. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013