Jakarta (ANTARA News) - Nokia belum lama lalu meluncurkan tablet pertamanya Nokia Lumia 2520 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yang menandai debut perusahaan Finlandia itu di pasar tablet global.

Head of Connected Devices Nokia, Heikki Norta, dalam blog resmi Nokia, Kamis, membeberkan alasan Nokia masuk ke pasar tablet.

Menurut Norta, Nokia masuk ke pasar tablet karena perangkat itu sekarang sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari orang-orang di dunia.

"Orang-orang memiliki selera untuk berbuat lebih dengan tablet mereka," kata Heikki Norta.

"Kami sudah mempelajari cara mereka menggunakan itu. Banyak pengguna membawa tablet mereka sepanjang hari di tas-tas mereka, tapi kapan mereka benar-benar mengeluarkan dan menghidupkannya, itu suatu cerita berbeda."

Menurut Heikki, para pemilik tablet banyak yang menggunakannya di pagi hari untuk membaca berita dan mengejar ketinggalan (informasi). Kemudian pada saat selanjutnya mereka berganti lebih banyak menggunakan perangkat lain seperti smartphone dan laptop.

Penggunaan tablet akan kembali meningkat pada sore hingga malam dengan fokus untuk hiburan dan jejaring sosial.

Namun, katanya, sebagian besar perangkat saat ini digunakan dan dirancang untuk mengonsumsi media, bukan untuk menciptakan itu. "Kami percaya ada permintaan terpendam untuk kreasi yang kami bisa sediakan."

Warisan Nokia adalah dalam mobilitas, "jadi sangat penting untuk menciptakan sebuah perangkat yang mengambil keunggulan penuh dari kemampuan kami yang unik," kata Heikki.

Layar pada Nokia Lumia 2520 telah dibuat dengan perlakuan khusus, non-reflektif, kenapa? Menurut Heikki agar tetap bisa menampilkan gambar yang jelas di lihat mata ketika berada di luar ruangan.(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013