Jakarta (ANTARA News) - Desainer Belanda Hans Ubbink meramaikan ajang mode Jakarta Fashion Week 2014 Kamis malam dengan menampilkan koleksi menggunakan kain-kain nusantara. 

Perancang kelahiran 1961 yang telah memulai karir lebih dari 20 tahun lalu itu menggunakan tenun Garut, tenun Bali, dan tenun sutra khas Makassar dalam sebagian koleksinya.

Hans Ubbink yang karyanya juga tersedia di Belgia dan Prancis itu mengaku tidak mengalami kendala berarti saat mengolah tenun-tenun Indonesia menjadi rancangan ready to wear miliknya.

"Sama sekali tidak merasa kesulitan," ujarnya.

Koleksi Ubbink didominasi busana kasual dan busana kerja yang pas badan. Sentuhan tenun terlihat dari setelan blazer dan celana wanita dengan warna yang cenderung netral seperti hitam dan cokelat sehingga unsur tradisional tampil dengan kekinian.

Ada pula koleksi busana pria dan wanita berupa setelan blazer dan celana yang memakai motif printing menggambarkan kapal di tengah samudera dengan nuansa biru.

Koleksi pakaian santai terlihat dari blus longgar kuning dipadu dengan celana pendek senada, beragam coat, jaket kulit, rok panjang, dan dress.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013