London (ANTARA News) - KBRI Athena menggelar pameran lukisan Indonesia yang bertemakan "Behind the Myth" (Mitologi dari berbagai daerah di Indonesia) di Galeri Sekolah Tinggi Seni dan Desain AKTO, Athena.

"Mitologi di Indonesia yang sangat beragam memberikan inspirasi kepada empat pelukis dari kelompok Jago Tarung Yogyakarta," kata Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Athena Jani Sasanti kepada Antara, Jumat.

Dia memberi contoh  mitos-mitos di daerah Basemah, Sumatera Selatan, legenda yang terkenal di Tanah Jawa yaitu Jaka Tarub, karya epos La Galigo dari Sulawesi Selatan sampai dengan mitos keseharian seperti tokek.

Semuanya diterjemahkan para pelukis ke dalam 20 karya lukis kontemporer yang dipamerkan di ruang galeri AKTO, Athena, sejak 21 Oktober sampai dengan 25 Oktober.

Pameran itu merupakan kerja sama KBRI Athena dengan Sekolah Tinggi Seni dan Desain AKTO, kelompok Jago Tarung Yogyakarta dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Museum Tekstil Jakarta.

Acara pembukaan pameran lukisan bertema "Behind the Myth" yang dihadiri sekitar 100 undangan dari para pelukis, pemerhati seni, friends of Indonesia dan para murid dan dosen AKTO itu diawali dengan tarian Bali Belibis yang dibawakan dua penari.

Kelompok Jago Tarung didirikan tahun 2010 oleh empat pelukis, Syis Paindow, Zam Kamil, Tomy Faisal Alim, dan Dedy Sufriadi, lulusan dari sekolah tinggi seni rupa ISI Yogyakarta dan IKIP Makassar.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013