Balige, Sumatera Utara (ANTARA News) - Karnaval Ulos akan memeriahkan Festival Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, pada Juli 2014.

Pengurus Indonesia Heritage Society Merdi Midian Sefnat Sihombing pada Selasa mengatakan ribuan warga Toba Samosir akan berpartisipasi dalam karnaval untuk menampilkan kekayaan budaya Indonesia melalui pameran kain tradisional Batak itu.

Menurut pengurus Perhimpunan Pecinta Kain Adat Indonesia itu, Ulos Batak telah menyatu dalam kehidupan sehari-hari orang Batak dan mengalami perubahaan seiring berjalannya waktu.

Bagi suku Batak, ulos tidak hanya berfungsi sebagai lambang penghangat dan kasih sayang, melainkan juga sebagai lambang kedudukan, lambang komunikasi, dan lambang solidaritas.

Namun ulos Batak belum banyak diperkenalkan dalam ajang-ajang fesyen seperti batik Jawa atau songket Palembang.

Selain ulos, kata Merdi, seni ukir Gorga Batak Toba yang umumnya hanya menggunakan cat warna merah, hitam, dan putih juga akan dipamerkan dalam festival.

"Keanekaragaman budaya Batak lewat ulos dan seni manggorga akan dimunculkan kehadirannya dalam Festival Danau Toba 2014," katanya.

(T.KR-JRD)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013