Manado (ANTARA News) - Gunung Mahawu di Kota Tomohon Sulawesi Utara masih aman untuk kunjungan wisata walaupun letaknya hanya beberapa kilometer dari Gunung Lokon yang berstatus siaga.

"Sampai sekarang ini relatif masih aman. Namun kami tidak bisa memastikan untuk waktu-waktu yang akan datang," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Farid Ruskanda Bina di Tomohon, Minggu.

Dia mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Lokon relatif tinggi namun tidak akan mempengaruhi Gunung Mahawu karena masing-masing memiliki jalur suplai energi berbeda.

"Ini alasannya kenapa Gunung Mahawu seperti tidak terjadi peningkatan aktivitas. Walaupun aktivitas Gunung Lokon peningkatannya terjadi sejak akhir Juli 2011," katanya.

Dia menambahkan, hingga kini status Gunung Mahawu masih normal pada level I, dan bila ditotalkan dalam setahun frekwensi kegempaan vulkaniknya berada di bawah sepuluh kali.

"Dengan status seperti ini tidak akan mempengaruhi pariwisata di Kota Tomohon. Apalagi Gunung Mahawu telah menjadi salah satu tujuan wisata yang setiap hari dikunjungi wisatawan," katanya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013