Palangka Raya (ANTARA News) - Ketua Komisi III DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Muhamad Faisal mengatakan tontonan televisi tidak mendidik akan mempengaruhi kehidupan anak di masa mendatang.

"Kebiasaan nonton televisi bagi anak bisa berakibat menurunnya minat baca dan belajar. Anak-anak cenderung senang lama-lama di depan TV dibandingan belajar, dan membaca buku, apalagi kalau acaranya kesukaan mereka," katanya saat di konfirmasi di Palangka Raya, Senin.

Menurut dia, banyak anak menonton acara yang seharusnya belum pantas saksikan. Kebiasaan menonton televisi sudah dan berlebihan tanpa diikuti sikap kreatif mencermati substansinya.

"Jika kita melihat acara-acara yang ditayangkan stasiun swasta televisi, terkadang banyak yang tidak mendidik. Malahan bisa dikatakan berbahaya bagi anak-anak untuk ditonton," ujarnya. 

Faisal menjelaskan, televisi yang terlalu sering memutar acara yang tidak sesuai untuk anak seperti kekerasan, adegan lainnya yang semestinya belum pantas mereka tonton, tidak hormat terhadap orang tua. Itu sangat berdampak buruk bagi anak.

Pewarta: Ronny NT
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013