Jakarta (ANTARA News) - Pembawa acara Daniel Mananta punya pengalaman sendiri dalam mencintai Indonesia.

Suatu waktu, ia pernah bertemu idolanya, vokalis Red Hot Chilli Pepper Anthony Kiedis di Rusia. Ia pun langsung meminta idolanya itu untuk berfoto bersama. Kiedis sempat menolak permintaan itu dan menanyakan asal Daniel.

"You are so lucky," kata Daniel menirukan Kiedis, saat merayakan ulang tahun kelima bisnis pakaiannya "Damn! I Love Indonesia" di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Senin sore.

Menurut Daniel, saat itu Kiedis juga mengutarakan bahwa Indonesia punya tempat berselencar terbaik yang pernah dikunjungi vokalis RHCP tersebut.

Daniel baru menyadari keindahan Indonesia ketika ia tinggal tujuh tahun di Australia. Ia pun sempat merasakan kangen dan kehilangan Indonesia ketika ia bersekolah di Negeri Kanguru.

Setelah kembali ke Indonesia, suatu waktu ia pernah mengobrol dengan salah seorang temannya yang mengeluhkan Indonesia dari mulai persoalan politik hingga kemacetan.

"....gue terkejut mereka nggak sesayang itu sama Indonesia," katanya.

Hal-hal bernada pesimis tentang Indonesia lah yang menggelitik Daniel untuk membuat bisnis yang sekaligus mengajak anak-anak muda untuk peduli dan mencintai Indonesia.

"Sesuai dengan visi dan misi kami, mencintai budaya Indonesia," katanya.

Merek baju yang dibuatnya mengedepankan desain-desain yang menggambarkan Indonesia, misalnya wayang dan punakawan. Meski begitu, ia merasa dirinya belum banyak melakukan sesuatu untuk negara

"Tapi sebagai pemuda, gue selalu berusaha yang terbaik. Daripada nongkrong nggak jelas mending ngelakuin sesuatu. Fashion salah satunya," tutupnya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013