Banjarmasin (ANTARA News) - Juara Olimpiade Sains Nasional (OSN)  SMA dan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional dari Kalimantan Selatan tahun 2013 mendapat penghargaan berupa dana pendidikan.

"Kita berikan penghargaan berupa dana pendidikan kepada pemenang/juara OSN SMA dan LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2013," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalimantan Selatan (Kalsel) Ngadimun, di Banjarmasin, Senin.

"Dana pendidikan itu melalui anggaran Disdik Kalsel, untuk juara I atau peraih medali emas sebesar Rp20 juta dan juara III atau perunggu Rp10 juta. Penyerahannya saat peringatan ke-85 Hari Sumpah Pemuda tahun 2013," ungkapnya.

Ia menerangkan, siswa asal Kalsel yang berhasil menjadi pemenang dalam OSN SMA dan LKS SMK Tingkat Nasional itu atas nama M Yasir Mauladi dari SMKN 2 Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, bidang lomba Bricklaying (juara I).

Selain itu, Ade Chandra, siswa SMKN 4 Banjarmasin bidang lomba Web Design (juara I), Rizqi Alam siswa SMKN 2 Banjarmasin bidang lomba Graphic Design Technology (juara III), dan Annisa Aularahmah siswi SMAN Banua Kalsel bidang lomba Astronomi (juara III).

Lomba OSN SMA berlangsung di Bandung, Jawa Barat 02 - 08 Septermber 2013, dan LKS SMK Tingkat Nasional di Jakarta 22 - 28 September 2013, ungkapnya usai peringatan ke-85 Sumpah Pemuda di halaman Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

Ia berharap, prestasi yang diraih empat siswa yang berhasil keluar sebagai juara OSN SMA dan LKS SMK Tingkat Nasional hendaknya menjadi ikutan siswa lain di "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel.

Begitu pula dengan penghargaan berupa dana pendidikan, hendaknya menjadi daya pendorong atau memotivasi kepada peserta didik di provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota tersebut, untuk berprestasi.

"Kita akan terus memberikan penghargaan kepada peserta didik di Kalsel yang berprestasi dalam lomba atau kejuaraan nasional bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti OSN SMA dan LKS SMK," demikian Ngadimun.

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013