Paris (ANTARA News) - Richard Gasquet tetap memiliki peluang bermain pada final Tur Dunia ATP, setelah mengalahkan Fernando Alonso 7-5 6-7 (6) 6-3 pada Piala Masters, sedangkan rekan senegaranya dari Prancis Jo-Wilfried Tsonga kandas pada awal permainan.

Unggulan kesembilan Gasquet, yang menikmati musimnya setelah maju ke putaran empat besar di Wimbledon dan berada di urutan ketujuh dunia tampak akan menempati salah satu dari tiga tempat lowong pada turnamen akhir musim yang akan diikuti delapan petenis di London bulan depan.

Gasquet selanjutnya akan bertemu dengan petenis Jepang Kei Nishikori yang menghabisi petenis favorit lokal Tsonga dengan angka 1-6 7-6(4) 7-6(7), setelah mengamankan dua "match point".

Gasquet selama ini masih dalam perawatan rasa nyeri pada paha yang menderanya sepanjang musim.

"Sesekali masih terasa sakit, tetapi rasanya tidak terlalu serius. Saya bermain dua jam dan 45 menit hari ini dan saya merasa mampu bertanding. Walau terasa belum 100 persen," kata petenis nomor 10 dunia itu.

Gasquet, yang maju ke babak semi final AS Terbuka September lalu, menyatakan tidak ingin melakukan tekanan terhadap dirinya sendiri.

Verdasco yang memenangi enam dari tujuh pertandingan terakhirnya, mengamankan 14 dari 18 "break point" tetapi Gasquet menunjukkan permainan "backhand" yang selalu membuat permainan menjadi berbeda.

Gasquet meraih "match point" kelima sedangkan Verdasco, semifinalis Australian Terbuka 2009, mengembalikan bola ke luar lapangan.

Lima pemain - Rafa Nadal, Novak Djokovic, David Ferrer, Juan Martin del Potro dan Tomas Berdych - sudah lolos ke Final turnamen Dunia ATP bulan depan.

Petenis Inggris Andy Murray, urutan ketiga dalam perburuan tempat ke ATP London, mundur karena nyeri pada punggungnya.

Petenis Swiss Roger Federer, unggulan ketujuh ATP, akan lolos bila ia memenangi pertandingan pertama di Bercy setelah mendapat "bye" pada putaran kedua.

Rekan senegaranya Stanislas Wawrinka da Gasquet mengawali permainan minggu itu dan berada pada unggulan delapan dan sembilan.

Pada pertandingan lain, pemain nomor dua dunia Djokovic akan turun pada putaran kedua melawan pemain kualifikasi dari Prancis Pierre-Hugues Herbert.

(A008/A011)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013