Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan memuji bank-bank milik pemerintah yang mampu meningkatkan kinerja keuangan di tengah gejolak ekonomi global.

"Saya agak surprise, dengan gejolak ekonomi dan situasi global seperti sekarang ini kinerja Bank BUMN cukup baik dan mampu keluar dari tekanan itu," kata Dahlan, usai menggelar Rapat Pimpinan Kementerian BUMN, di Gedung PT Perikanan Nusantara (Persero), Jakarta, Kamis.

Menurut Dahlan, pencapaian kinerja Bank BUMN tersebut seharusnya bisa lebih tinggi lagi jika kondisi ekonomi dalam situasi normal.

Menurut catatan, empat Bank BUMN, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan BTN pada periode September 2013 membukukan laba dengan kenaikan signifikan.

Bank Madiri mencetak laba bersih Rp12,8 triliun, melonjak 15,1 persen dibanding September 2012 sebesar Rp11,1 triliun.

Kinerja positif Bank BUMN terbesar tersebut didorong antara lain pertumbuhan penyaluran kredit di semua segmen bisnis yang mencapai Rp450,8 triliun.

Pada saat yang bersamaan, hingga September 2013 Bank BRI membukukan laba bersih Rp15,2 triliun, naik 17,01 persen dari periode sama tahun 2012.

Direktur Keuangan BRI, Ahmad Baiquni mengatakan pencapaian laba bersih BRI merupakan hal positif di tengah kondisi makro ekonomi global dan domestik yang kurang kondusif yang tercermin pada tren kenaikan suku bunga dan inflasi.

Solidnya kinerja BRI itu juga terlihat dari pencapaian pendapatan bunga bersih sebesar Rp30,30 triliun atau naik 16,6 persen.

Selanjutnya, Bank BNI membukukan laba bersih Rp6,54 triliun, tumbuh 29,8 persen dibandingkan periode yang sama 2012 sebesar Rp5,04 triliun.

"Laba bersih itu tercapai karena ekspansi kredit yang terus tumbuh, dan pengelolaan aset yang semakin prudent serta efisien, sehingga pendapatan operasional naik secara signifikan," kata Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo.

Selanjutnya, PT Bank Tabungan Negara membukukan laba bersih kuartal ketiga 2013 sebesar Rp1,06 triliun, tumbuh 3,92 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp1,02 triliun.

Perolehan laba tersebut didorong pertumbuhan kredit dan pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp96,53 triliun dan pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar Rp88,54 triliun.

"Meningkatnya jumlah kredit dan pembiayaan serta pengelolaan DPK pada triwulan III 2013 membentuk laba bersih BTN menjadi sebesar Rp1,06 triliun," ujar Dirut Bank BTN Maryono.


Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013