Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan lagi minat baca sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja di berbagai bidang,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta dan Ikatan Abang dan None Buku (Ikanobu) menggelar final pemilihan Abang None Buku 2013, Jumat (1/11) malam.

Agenda tahunan yang diadakan sejak 2006 ini memilih Duta Baca Remaja dan Duta Perpustakaan yang bertugas untuk menyebarkan dan mensosialisasikan minat dan kegemaran membaca pada generasi muda DKI Jakarta.

Said Agung Pangestu (Jakarta Timur), mahasiswa Universitas Nasional, dan Avinda Aulia Kusuma (Jakarta Utara), siswi SMAN 52 Jakarta, terpilih sebagai Abang dan None Buku 2013. Mereka berdua berhasil menyisihkan 34 finalis lainnya yang berasal dari enam wilayah di Jakarta.

Juara kedua diraih oleh Fahreza Anugrah Putra (Jakarta Pusat) dan Affni Syavieranova (Jakarta Timur). Sementara itu, posisi ketiga diisi oleh Dedek Muhammad (Jakarta Selatan) dan Denia Alya Tsary (Jakarta Utara).

Selain tiga juara, Abnon Buku juga memilih dua kategori lain. Kategori Abnon Buku Persahabatan diraih oleh Wahyu Muhammad Abiyyu (Jakarta Pusat) dan Suci Rahmadiah (Kepulauan Seribu). Juara favorit diraih oleh Muhammad Kevin Perdana (Jakarta Barat) dan Anisa Dinta (Jakarta Selatan).

Lima juara itu dipilih oleh  juri panel, salah satunya penulis Helvy Tiana Rosa. 36 finalis, masing-masing wilayah mengirim enam wakilnya, disaring lagi menjadi 10, lalu lima besar dengan pertanyaan-pertanyaan seputar buku yang diajukan secara langsung di panggung final.

Kepala Bidang Sistem Informasi dan Pemasyarakatan BPAD DKI Jakarta, Drs. Bambang Chidir Sunarto, mengatakan pemilihan Abang None Buku bertujuan untuk mendapatkan ikon yang dapat menumbuhkan minat baca remaja.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan lagi minat baca sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja di berbagai bidang," katanya saat memberikan sambutan di acara final yang digelar di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat, Jumat (1/11) malam.

Pemilihan Abang None Buku merupakan kompetisi yang bertujuan untuk membentuk agen-agen perpustakaan dalam program pengembangan komunitas baca. Sebleum melaju ke babak final, peserta mengikuti karantina yang diadakan di Bogor pada tanggal 28-31 Oktober 2013.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013