Praktiknya, (YouTube telah) melahirkan banyak bintang tenar dan itu menghasilkan pemasukan atau hal lain seperti dukungan atau pengakuan dari orang-orang yang biasanya tidak disorot publik."
New York (ANTARA News) - Apakah dunia masih butuh acara penghargaan video klip musik? Jawabannya iya, setidaknya itu menurut YouTube.

Situs layanan berbagi video itu membuat ajang perdana YouTube Music Awards pada Minggu, dengan acara yang menyandingkan para bintang industri seperti Lady Gaga dan Arcade Fire dengan penampil dari situs video milik Google itu.

"Praktiknya, (YouTube telah) melahirkan banyak bintang tenar dan itu menghasilkan pemasukan atau hal lain seperti dukungan atau pengakuan dari orang-orang yang biasanya tidak disorot publik," tukas Reggie Watts, seorang penampil yang akan menjadi pembawa acara bersama aktor Jason Schwartzman. 

Kategori-kategori penghargaan yang diumumkan YouTube Music Awards memang terbatas tapi dibuat khusus untuk membedakan acara tersebut dengan Grammy atau MTV Music Video Awards.

YouTube akan mempersembahkan penghargaan video of the year dan artist of the year dengan nominasi seperti Justin Bieber, Selena Gomez, Eminem, dan Katy Perry.

Namun, ada kategori lain seperti "Response of the Year" yang memilih parodi, video respon, atau remix fan terbaik. Kategori lainnya meliputi fenomena, terobosan, dan inovasi yang diunggah di YouTube.

Acara tersebut akan streaming live dari New York pada Minggu waktu setempat pukul 6 sore (2200 GMT), seperti dikutip Reuters.

YouTube telah memposisikan diri dalam beberapa tahun terakhir sebagai salah satu sumber penting bagi penggemar untuk mencari video musik terbaru. Lady Gaga saja telah mencapai angka lebih dari 1 miliar view untuk beberapa videonya. (*)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013