... dalam kondisi penuh dengan pecahan uang Rp100.000, laci-laci uang mesin ATM itu bisa memuat dana Rp920 juta... "
Semarang (ANTARA News) - Gerombolan maling ini sungguh punya niat kuat untuk beraksi; mereka sampai bisa mengangkut utuh satu mesin ATM BCA di Jalan Tlogosari Raya II, Semarang. Padahal mesin ATM itu berat dan ukurannya cukup besar untuk bisa diangkut memakai mobil.

Namun tidak ayal, aksi pada Minggu dini hari ini diketahui polisi. 

Kepala Polsek Pedurungan, Komisaris Polisi Sukarman, menduga pelaku berjumlah banyak dan menggunakan mobil. "Kerugian sementara, brankas ATM yang dibawa lari pelaku sekitar Rp450 juta," katanya.

Berdasarkan informasi di lapangan, pembobolan gerai ATM BCA di sana itu diduga telah direncanakan sebelumnya. Indikasinya, aliran listrik salah satu kamera CCTV putus setelah saklarnya dimatikan. 

Dugaan polisi, setelah memutus aliran listrik, pelaku mencongkel, menyeret mesin ATM itu ke pintu depan, dan mengangkut mesin ATM itu ke dalam mobil.

Peristiwa tersebut berawal dari laporan petugas PT Andalan Artha Lestari, perusahaan jasa pengisian uang ATM.

Salah seorang petugas PT Andalan Artha Lestari, Bandung Lelono (34), mengetahui mesin ATM BCA itu dibobol maling saat akan merawat karena ada laporan masalah di salah satu mesin.

"Saat sampai di lokasi, satu mesin ATM sudah tidak ada," katanya.

Petugas perusahaan jasa pengisian uang ATM itu mengira ada pemindahan mesin. Ketika di cek kantor BCA, lanjut Lelono, ternyata tidak ada pemindahan mesin.

Lelono mengaku tidak tahu pasti jumlah uang yang ada di dalam mesin yang dicuri itu. Menurut dia, dalam kondisi penuh dengan pecahan uang Rp100.000, laci-laci uang mesin ATM itu bisa memuat dana Rp920 juta.

Pewarta: IC Senjaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013