... bisa dilaksanakan jika koordinasinya baik... "
Sentani, Papua (ANTARA News) - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mendukung penuh penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional 2020 di Provinsi Papua.

"Apalagi rencananya akan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Jayapura, tepatnya di daerah Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur," katanya kepada Antara di Sentani, Senin.

Awoitauw menuturkan, mendukung PON 2020 itu, saat ini pihaknya tengah menata kawasan FDS (Festival Danau Sentani) yang dimulai dari batas kota hingga ke Sentani Timur. 

"Sementara, pemukiman masyarakat di Khalkote direncanakan akan dibangun secara teratur. Pasalnya, Provinsi Papua juga akan membangun stadion utama di wilayah Kampung Harapan," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dukungan Jayapura bukan hanya berupa lahan, tetapi sejumlah lahan juga telah disiapkan untuk menghadapi PON 2020 yang akan datang tersebut.

"Namun ada tahapan-tahapan penting yang harus dilakukan sebelumnya. Pasalnya, perlu ada koordinasi antara pemerintah dan masyarakat," urainya.

Ia menambahkan koordinasi tersebut salah satunya adalah dengan menyelesaikan pembangunan jalan alternatif yang sebelumnya sudah dilaksanakan pemerintah Provinsi Papua.

"Semuanya bisa dilaksanakan jika koordinasinya baik," pungkasnya.

Sebelumnya, 23 pengurus provinsi KONI menyatakan dukungan terhadap Provinsi Papua sebagai tuan rumah pelaksana PON 2020. 

Pasalnya, pada PON 2020 diharapkan menjadi era kebangkitan olahraga dan atlet berpotensi Papua.

Pewarta: Hendrina D Kandipi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013