... STX Offshore & Shipbuilding Co menyerahkan kapal patroli terbaru kelas PKG... "
Seoul (ANTARA News) - Angkatan Laut Korea Selatan telah menerima kapal perusak berpeluru kendali ke-12 buatan dalam negeri, yang akan bergabung dengan misi patroli mempertahankan garis pantai dan perairan pelabuhan negara itu. 

Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA), Senin, menyatakan, galangan kapal STX Offshore & Shipbuilding Co menyerahkan kapal patroli terbaru kelas PKG (Patroli Pembunuh Peluru Kendali Berpemandul), yang disebut-sebut kelas Gumdoksuri.

Kapal itu menjadi bagian dari Komando Angkatan Laut Korea Selatan, yang berpangkalan di Jinhae, sekitar 410 kilometer selatan Seoul. Kapal ini ampuh dipergunakan berpatroli pada perairan littoral yang dangkal dengan daya gentar sedikit di bawah kapal kelas korvet. 

Kapal berbobot 450-ton berkecepatan tinggi itu bisa berlayar dengan kecepatan tertinggi 40 knot dan dilengkapi dengan peluru kendali anti-kapal permukaan yang memiliki jangkauan 140 kilometer.

Kapal ini juga dilengkapi dengan senjata 76mm dan 40mm, dan dapat menampung 40 anggota awak. Kapal ini akan menggantikan kelas pendahulunya, Chamsuri yang berbobot mati 150 ton. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013