... telah berulang kali menegaskan Korea Utara tidak berniat meninggalkan program senjata atomnya... "
Seoul (ANTARA News) - Juru runding China mengenai masalah nuklir Korea Utara, Senin, tiba di Pyongyang, kata kantor berita resmi Korea Utara, KNCA.

Laporan hanya satu kalimat itu tidak memberikan rincian kunjungan Ketua Juru Runding China, Wu Dawei, dalam pembicaraan enam negara yang lama terhenti dan ditujukan mengakhiri program nuklir Korea Utara.

Pembicaraan-pembicaraan mengelompokkan forum tuan rumah China, Korea Utara, Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang dan Rusia belum diadakan sejak Desember 2008.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengatakan, kunjungan Wu tampaknya upaya lain Beijing memulai dialog.

Wu mengunjungi Washington akhir bulan lalu untuk memenuhi mitra AS dan pejabat lain yang berurusan dengan kebijakan Korea Utara.

China sekutu utama satu-satunya Korea Utara dan penyumbang ekonomi utama, tetapi semakin frustrasi dengan usahanya mencari penangkal nuklir.

Setelah uji coba nuklir ketiga Pyongyang pada Februari, Beijing setuju pengetatan sanksi-sanksi PBB yang sudah berlaku kepada Korea Utara.

Korea Utara telah menyatakan minat yang pada prinsipnya untuk kembali ke pembicaraan enam pihak, tetapi telah berulang kali menegaskan Korea Utara tidak berniat meninggalkan program senjata atomnya.

Agen mata-mata Korea Selatan bulan lalu mengkonfirmasi bahwa Korea Utara telah memulai lagi reaktor plutoniumnya tuanya - yang bisa membantu meningkatkan program.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013